Followers

Sumber Energi Terbarukan Untuk Masa Depan Yang Sudah Dekat

Energi merupakan salah satu permasalahan paling kritis yang dialami manusia saat ini maupun dimasa yang akan datang. Saat ini kita sebagai manusia lebih banyak menggunakan energi yang tidak terbarukan seperti bahan-bakar fosil dan gas alam. Tentu pertanyaannya, apakah di masa yang akan datang energi ini masih bisa memenuhi kebutuhan manusia?

Sumber energi terbarukan sangat melimpah disekitar kita, seperti energi matahari, energi angin, energi gelombang laut, energi potensial air dll. Untuk sekedar informasi energi angin, gelombang laut dan potensial air adalah energi yang secara tidak langsung berasal dari matahari. Dalam tugas kali ini, saya akan berfokus kepada pemanfaatan energi matahari secara langsung. Matahari merupakan sumber energi terbesar yang ada di dalam tata surya kita, dan dapat dikatakan abadi, karena diprediksi masih akan bersinar sampai 5 milyar tahun lagi. Pemanfaatan energi matahari untuk memenuhi kebutuhan energi manusia masih sangat kecil jika dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar fosil, itupun lebih banyak dilakukan di negara maju yang jumlah penduduknya rata-rata lebih sedikit dari negara berkembang.

Mengapa energi matahari masih jarang dimanfaatkan? Energi, sebelum dapat dipakai kebanyakan harus di konversi terlebih dahulu, kebutuhan manusia pada masa yang akan datang sebagian besar adalah energi listrik. Konversi dari energi matahari menjadi energi listrik membutuhkan biaya yang besar. Tentunya dengan penelitian lebih lanjut kedepannya, diharapkan ditemukan cara yang lebih efektif dan effisien dalam memanfaatkan energi matahari.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas Kunjungannya