Followers

NIlai?? It's Mine but It's Not me (sudut pandangku)

Sesuai judulnya, tulisan ini berdasarkan sudut pandangku. Terserah kalian menanggapinya gimana tapi ini kan sudut pandangku hehe :D.
      Hari ini kayaknya di sekolah sibuk sekali, padahal ulangan semester udah lewat hampir seminggu. Terus menurut kamu apa yg bikin siswa lebih sibuk dari ulangan semester? ya pengumuman nilainya lah hahaha. Semua siswa sibuk kocar-kacir ke guru bidang studinya masing-masing, dari yang alim-alim, pintar-pintar, sampai bandel-bandel termasuk saya hehe. Tapi saya sih cuman ngikut (harat) --. 
      Saya ga ngerti kenapa banyak yang panik gitu, mungkin gara-gara kuota SNMPTN jalur undangan 2013 dinaikin jadinya mereka panik bener pas mau liat nilainya.  Nilai semester saya biasa-biasa aja ga ada yg terlalu istimewa kecuali PKN yang 67.5 ^^. Yah itu sih "menurut saya" masih dalam batas kewajaran aja. Saya sebenarnya ga terlalu peduli dengan semua nilai-nilai itu, asal masih dalam batas kewajaran, saya manggut-manggut doang. Lha memang itu nilai saya, tapi itu bukan saya pastinya.  Orang tua sayapun gitu, mereka biasa aja nanggepinnya, ga heboh-heboh amat kalo nilai saya bagus, atau marah-marah kalo ada yang merah. Yah, paling-paling uang kiriman telat datengnya u.u. Saya bersyukur, walaupun nilai saya ada yang jelek, orang tua masih percaya kalo nilai-nilai itu tidak merefleksikan saya secara sempurna (tapi bukan berarti saya ngibul mereka).
    Begitulah orang tua saya, ga nganggap nilai itu adalah hadiah yang saya berikan kepada mereka setelah lama belajar. Tapi itulah yang sekolah berikan kepada saya. Bukan berarti saya nyalahin sekolah lo karena nilai saya jelek-jelek. Mungkin gara-gara saya sering lembur main dota atau banyak bermain.  Tapi tetap nilai itu bukan saya hehe.
    Tapi bukan itu  yang saya bahas disini. Yang ingin saya bahas disini, sekarang orang-orang sangat mengistimewakan nilai mereka. Apa saja deh asal nilai bagus di rapor. Jadinya nilai rapor itu kaya nentuin level seseorang misalnya kaya gini 70 = Rookie, 80 = Medium, 90 = Expert, 90++ = Genius. Parahnya lagi "orang-orang" yang saya maksud tuh bukan lagi siswa doang, mulai dari orang tua, guru-guru, sampai pemerintah. Saya kasi contoh nih orang tua temen saya ada yang marahnya bener-bener marah kalo liet anaknya nilainya jelek, yah karena si anak emang males belajar jadi anak itu mulai dah pdkt ama si guru biar nilainya keren. Karena gurunya ga kuat iman gurunya akhirnya bilang " wani piro?" (saya yakin ga ada guru yang kaya gini di SMA saya yang kaya gini, kalo pun ada saya mohon maaf ga di sebut :D ). Karena emang udah "niat" si anak pun ga masalah. Duit diberi nilai rapor juga berganti. Demenlah itu orang tuanya si anak, karena di rapor nilainya si anak 90, orang tuanya pun berpikir 90 = Expert, " wah berarti anak saya jago dong" lol. Ternyata bukan cuman si ortu yang berpikiran begitu, Pemerintah yang titelnya se-meter juga pikirannya sama. Akhirnya SNMPTN Tertulis diubah deh jadi jalur undangan ckckckck.
     Wajar sih kalo sekolah mandang siswa dari nilainya, karena ga mungkin kan sekolah tau luar-dalam siswa itu seluruhnya, jadilah nilai sebagi patokan. Tapi yang saya sayangkan banyak pihak yang menjadikan nilai patokan absolut, seakan-akan nilai menjadi reflektor sempurna dari kualitas intelektual seorang siswa, sehingga nilai itu menentukan apapun, karena itulah siswa juga bisa melakukan apapun untuk nilai yang bagus.
     Jalur SNMPTN undangan itu juga menurut saya boleh-boleh aja, kan niatnya pemerintah biar seluruh siswa berprestasi dari seluruh daerah-daerah di Indonesia bisa masuk keperguruan tinggi manapun, karena  kalo cuma jalur SNMPTN tertulis maka hanya orang-orang kaya yang punya uang lebih untuk bimbel aja yang bisa masuk. Tapi bukan berarti dong SNMPTN tertulis dihapus kuotanya atau disunat sampai kuotanya tinggal 10% doang. Jalur undangan itu perlu tapi dengan catatan ada rekomendasi dari sekolah bahwa siswa tersebut memiliki prestasi yang baik. Kalo cuma dengan nilai rapor yang bagus-bagus, setiap siswa bisa aja menghalalkan segala cara biar nilai rapornya bagus dan diterima di perguruan tinggi yang dia mau. Bukan cuma menyogok guru tentunya, masih banyak cara negatif lain yang bisa timbul di pikiran siswa kalo sistemnya masih kaya gini.
     Cukup itu deh tulisan saya kali ini, mungkin kelihatannya naif amat. Untuk yang baca terimakasih ya hehe.

 Sumber gambar http://pelajarpro.com/wp-content/uploads/2012/04/nilai-atau-ilmu.gif

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas Kunjungannya